Haji Dibatalkan, Bagaimana Dengan Umroh

Diposting pada tanggal 23 June 2020

 

CILACAP - Keputusan Kementerian Agama yang menangguhkan visa umroh sejak 3 bulan yang lalu dan pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun ini akibat pandemi virus covid 19 menjadi dilema bagi PPIU dalam menyikapinya .termasuk Al Mawa NU Tour & Travel.

Direktur Al ma’wa NU Arif Himawan menuturkan, sejak wabah COVID-19 terjadi di berbagai negara, pihaknya menyerahkan semua keputusan pada pemerintah. Pertimbangan keamanan serta risiko yang terjadi di tengah pandemi memang sulit untuk diprediksi.

“2 buLan yang lalu karyawan kami WFH, sejak awal juni 2020 ini  aktifitas kantor sudah  kembali seperti biasa. kami mengisi aktifitas kantor dengan persiapan akreditasi, pengembangan conten media social dan evaluasi program,” kata Arif, Selasa (22/6/2020).

Beliau melanjutkan, Ada sekitar 3 rombongan calon jamaah umroh yg tertunda pemberangkatannya, 1 rombongan diantarannya sudah lunas semua untuk biaya umroh termasuk persiapan perjalanan  sudah disiapkan sebagai bentuk pelayanan yang prima kepada calon Jamaah Umroh. Namun, kondisi pandemi ternyata terus memburuk di berbagai daerah sampai hari ini.

“Kami pasrah, sambil monitor perkembangan informasi dari pihak terkait. Kalau memang sudah kondusif, maka ibadah umroh akan terlaksana,” jelasnya.


Pria kelahiran asli Cilacap  ini mengaku siap dengan segala kemungkinan. Bahkan, dengan melihat sebaran wabah yang terus meluas, dirinya masih menyimpan harapan setelah musim haji ini umroh sudah mulai dibuka dan bisa memberangkatkan calon jamaah umroh yang tertunda.

informasi dari mustofa mutowif  yang sampai hari ini masih di Saudi Arabia mengatakan, berdasarkan pengumuman dari konsulat jendral RI Jeddah bahwa jam malam dihilangkan di seluruh wilayah arab Saudi serta semua aktifitas ekonomi dan perdagangan diperbolehkan untuk dibuka  kembali dengan ketentuan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Akan tetapi Ibadah umroh dan penerbangan Internasional masih tetap ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut. Arif menjelaskan, dirinya sering di Tanya oleh calon jamaah umroh terkait kepastian pemberangkatan umroh. Banyak diantara mereka yang sudah tak sabar lagi untuk menikmati ibadah disana  bahkan ada yang langsung daftar dan bayar lunas berharap bisa berangkat lebih cepat, tapi kita tetap menunggu kebijakan selanjutnya, kita berdoa supaya wabah cepat berlalu.” jelasnya.

 

Versi cetak

Berita Terkait